5 Tips Lolos SNMPTN Agar Masuk Kampus Idaman

5 Tips Lolos SNMPTN Agar Masuk Kampus Idaman

Tips Lolos SNMPTN

tips lolos snmptn – SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur masuk kuliah yang menjadi incaran calon mahasiswa. Dengan menggunakan jalur ini, maka kamu bisa menggunakan nilai raport untuk masuk ke PTN idaman.

Berikut ini terdapat beberapa tips lolos SNMPTN yang bisa kamu ikuti, yaitu:

1.Mempertimbangkan Jurusan Kuliah Sesuai dengan Nilai Raport

Saat ingin mengikuti tes SNMPTN, nilai raport mulai dari semester 1 hingga semester 5 akan menjadi pertimbangan. Selain itu, faktor yang mesti kamu perhatikan adalah nilai mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan.

Bagi kamu yang mengambil jurusan IPA, maka nilai mata pelajaran yang akan menjadi pertimbangan adalah Fisika, Biologi dan Kimia. Sementara untuk IPS adalah mata pelajaran Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Kemudian, bagi kamu yang termasuk jurusan Bahasa, maka nilai mata pelajaran yang akan menjadi pertimbangan adalah Antropologi, Sastra Indonesia, dan satu bahasa asing.

Untuk anak SMK, maka nilai yang harus kamu maksimalkan terdapat pada kompetensi serta keahlian pada jurusan masing-masing.

2.Meningkatkan Prestasi Selama Sekolah

Tips lolos SNMPTN bukan hanya nilai saja yang akan menjadi pertimbangkan, melainkan prestasi yang baik agar menjadi nilai plus saat mendaftar SNMPTN sesuai dengan jurusan favorit. Jika kamu mendaftar pada bidang Saintek, maka sebaiknya memiliki prestasi bidang olimpiade Sains dan sebagainya.

Selain itu, pastikan kamu memperhatikan petunjuk teknis terkait portofolio disana. Portofolio ini terdiri dari bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Bidang Seni, dan lainnya.

3.Pastikan untuk Teliti Saat Memilih Program Studi

Tips biar lolos SNMPTN berikutnya adalah kamu harus teliti dalam memilih program studi saat kuliah nanti. Kamu bisa mencari tahu beragam program studi pada PTN tersedia. Usahakan untuk tidak memilih program jurusan menyimpang agar peluang untuk lolos SNMPTN semakin besar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan referensi PTN serta prodi yang memiliki jumlah keketatan paling tinggi dalam SNMPTN. Jika sudah mengetahui keketatan masing-masing prodi serta universitasnya, maka hal ini akan mempermudahmu untuk menyusun rencana agar bisa lolos SNMPTN.

4.Lakukan Konsultasi dengan Para Senior

Konsultasi dengan para senior merupakan hal penting yang mesti kamu lakukan. Kamu bisa bertanya terkait pengalaman mereka agar lolos SNMPTN, serta mintalah beberapa tips dan trik jitu versi mereka, sehingga bisa kamu gunakan untuk daftar SNMPTN mendatang.

5.Pilihlah Prodi Sesuai Minat dan Bakat

Jika kamu ingin mendaftar SNMPTN, pastikan untuk tidak memilih program studi atau jurusan dengan alasan ikut-ikutan bersama teman. Kamu harus menentukan jurusan dengan tepat sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

Apabila ada satu jurusan yang menjadi impian, maka pilihlah satu jurusan atau program studi itu dalam SNMPTN. Namun, jika kamu memiliki minat kepada dua program studi, maka cantumkan keduanya saat mengikuti seleksi jalur SNMPTN tersebut.

Dalam program SNMPTN 2021, kamu bisa memilih dua prodi pada satu atau dua kampus negeri idamanmu. Apabila ingin memilih dua PTN, maka salah satunya harus berlokasi pada provinsi sama dengan sekolah kamu sendiri. Untuk kuota SNMPTN 2022 kalian bisa cek di sini.

Selain SNMPTN, ada juga jalur UTBK-SBMPTN yang perlu kalian coba ya. Itulah beberapa tips lolos SNMPTN yang bisa kamu gunakan dan ikuti agar berhasil masuk program studi kampus idaman. Pastikan untuk belajar dengan giat mulai sekarang, sebelum mulai mendaftar menjadi peserta SNMPTN tahun depan. Semoga berhasil dan lolos masuk PTN idamanmu, ya.