Ini 5 Tips Agar Lolos SPMB PKN STAN

  5 Tips Agar Lolos SPMB PKN STAN

-Penting! Ini 5 Tips Agar Lolos SPMB PKN STAN- Bagi kamu yang tahun depan lulus SMA dan ingin melanjutkan kuliah, bisa jadi sedang berusaha mencari 5 tips agar lolos SPMB PKN STAN. Paling utama yang memang sedang mengincar kampus bergensi tersebut. Bagaimana pun juga, Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan salah satu lembaga pendidikan paling populer di Indonesia.

Pasalnya, selain biaya kuliah gratis, setelah lulus secara otomatis bisa jadi seorang PNS dan bekerja di beberapa kementrian keuangan di Indonesia. Oleh karena tawaran yang begitu menggiurkan tersebut, sudah pasti seleksi masuknya cukup ketat. Tapi tenang saja, masih ada beberapa tips untuk memperbesar peluang lolos mengikuti tes SPMB PKN STAN yaitu:

Berikut 5 Tips Agar Lolos SPMB PKN STAN

1. Pelajari Materi Baik-Baik

Seperti saat mengikuti seleksi ujian masuk lainnya, kamu harus mempelajari setiap materi baik-baik. Ada beberapa tes SPMB PKN STAN mulai dari tes TPA, TBI, serta TKD. Setiap tes akan terdiri dari beberapa materi di dalamnya. Oleh karena itu, kamu perlu untuk benar-benar mempersiapkan dirindengan baik. Ada baiknya, pahami materi apa saja yang biasanya sering keluar saat ujian. Hingga saat ini cukup banyak calon mahasiswa yang belum seberapa paham tentang macam-macam tes yang masuk dalam seleksi SPMB PKN STAN. Bahkan, tidak sedikit yang mengira, tes di sana hanya sebatas tentang akuntansi, padahal tidak sama sekali.

2. Paham Tentang Peta Soal Yang Keluar Dalam SPMB PKN STAN

Sudah tahu apa jenis tes SPMB PKN STAN saatnya ketahui petanya. Khusus untuk tes TPA itu ada 45 soal dengan waktu 40 menit, TBI soalnya ada 60 dan waktunya 20 menit, serta TKD dengan soal 100 dan waktunya 90 menit saja.  TKD atau tes kemampuan dasar itu terdiri dari TKP (tes karakteristik pribadi), TIU (tes intelegensia umum), serta TWK (tes wawasan kebangsaan). Lebih penting lagi, kamu pun perlu memahami jumlah bobot masing-masing tes. Pasalnya, supaya bisa lolos nilai kamu harus mencapai ambang batas ketentuan.

catatan : Untuk di tahun 2021 PKN STAN Bekerja sama dengan LTMPT menggunakan skor TPS sebagai tahap awalnya.

3. Belajar Pakai Sistem Waktu Yang Tepat

Salah satu dari 5 tips agar lolos SPMB PKN STAN adalah pandai mengatur sistem belajar. Siapa yang sudah biasa mengerjakan soal dengan santai? Kamu perlu mencari metode belajar sehingga dapat mengerjakan soal dengan cepat. Pasalnya, jika melihat peta tes SPMB PTN STAN tadi, rata-rata kamu hanya bisa mengerjakannya hanya dalam tempo 1 menit saja. Oleh sebab itu, jika kamu masih suka mengerjakan soal dengan cara santai, akan sulit untuk selesai tepat waktu. Mulailah belajar dengan metode yang tepat. Bisa mengerjakan soal dengan waktu cepat dan hasilnya tetap maksimal.

4. Belajar Kelompok Atau Mandiri

Kamu bisa mencoba beberapa metide belajar untuk lolos SPMB PTN STAN. Kamu dapat belajar secara kelompok atau mandiri. Keduanya sama-sama efektif sebenarnya. Jika belajar mandiri terasa terlalu berat, coba pakai metode berkelompok. Beberapa orang bisa jadi kurang nyaman belajar bersama-sama, boleh memilih belajar secara mandiri.

5. Ikut Try Out

Belajar sudah, sekarang kamu perlu mengasah kemampuan dengan meng ikuti try out. Pasti ada banyak try out untuk persiapan masuk perguruan tinggi dan ini adalah waktu yang tepat untuk mengikutinya. Dengan ikut try out, kamu dapat mengukur seberapa cepat dalam mengerjakan soal. Selain itu, mungkin bisa lebih terbiasa menyelesaikan soal-soal serupa sehingga mudah saat menempuh tes nanti. Sebelum itu, kalian wajin tahu tentang syarat masuk STAN ya dan baca terkait PKN STAN juga.

Demikian tadi ada 5 tips agar lolos SPMB PKN STAN. Kamu bisa coba menerapkannya untuk menaikkan peluang lolos ketika menyelesaikan tes tersebut.