Tahapan Seleksi POLTEKIM DAN POLTEKIP Paling Lengkap

Penasaran dengan tahapan seleksi POLTEKIM DAN POLTEKIP? Kamu bisa cek penjelasan selengkapnya di sini. POLTEKIM DAN POLTEKIP adalah sekolah kedinasan yang begitu populer di Indonesia. Ada 2 perbedaan keduanya, kalau POLTEKIM adalah Politeknik Ilmu Permasyarakatan dan berdiri di bawah naungan Kemenhumham.

Tahapan Seleksi Poltekim dan Poltekip

Sedangkan POLTEKIP merupakan Politeknik Imigrasi dan berada di bawah naungan kementrian hukum dan hak asasi manusia. Lulusan kedua sekolah kedinasan tersebut, nantinya akan bekerja di kementrian hukum dan ham. Biasanya akan bertugas sebagai UPT atau Unit Pelayanan Teknis seperti Balai permasyarakatan, rumah penyimpanan barang sitaan, dan lainnya.

Namun, tidak menutup kemunginan pada lulusan POLTEKIM DAN POLTEKIP nantinya akan menduduki jabatan tinggi di kementrian Hukum dan ham. Jika ingin mewujudkannya, silahkan cek tahapan seleksi POLTEKIM DAN POLTEKIP berikut ini.

Melakukan Pendaftaran

Tahapan seleksi POLTEKIM DAN POLTEKIP yang pertama adalah melakukan proses pendaftaran secara online. Caranya mudah sekali, tinggal buka saja situs resminya BKN yaitu https://sscasn.bkn.go.id.

Di sana, peserta bisa lihat seperti formulir pendaftaran. Isi saja sesuai poin yang tersedia. Jangan lupa unggah berkas sesuai yang syarat. Ada ketentuan tanggal unggah dokumen sendiri-sendiri. Jadi ada baiknya, perhatikan baik-baik sehingga tidak salah atau ketinggalan.

Bisakah peserta yang sudah resmi menjadi PNS Kementrian Hukum dan HAM untuk daftar pendidikan POLTEKIM DAN POLTEKIP? Tentu saja bisa, namun ada syarat khusus saat unggah berkas. Salah satunya adalah cetak tanda bukti pendaftaran, dan informasi jadwalnya pun sudah terlampir.

Selain itu, dalam pengisian berkas pendaftaran ada hal-hal penting. Peserta seleksi hanya boleh memilih satu pilihan satu sekolah kedinasan saja. Jangan sampai salah entri data, karena bisa fatal. Pasalnya salah pilih bidang merupakan tanggung jawab peserta seleksi sendiri.

Begitu juga, jika misalnya kamu sampai sengaja atau tidak memilih lebih dari satu bidang kedinasan. Peserta seleksi tersebut akan langsung gugur dalam kualifikasi secara otomatis. Sehingga tidak boleh ikut tahapan seleksi POLTEKIM DAN POLTEKIP berikutnya.

Seleksi Administrasi

Tahapan berikutnya adalah seleksi administrasi. Jadi, dalam tahap ini akan ada pengecekan kelengkapan berkas saat pendaftaran tadi. Maka, penting bagi masing-masing peserta untuk cek ulang berkas dokumen ketika daftar pertama kali.

Ada beberapa perbedaan syarat pendaftaran untuk masing-masing kriteria. Supaya tidak salah, ada baiknya kamu cari informasi selengkapnya di situs resmi POLTEKIM DAN POLTEKIP atau BKN saja. Dari sana, kapan waktu pengumuman seleksi administrasi pun akan terlampir.

Seleksi Kompetensi Dasar

Bagaimana jika ternyata peserta lolos tes adminitrasi? Langsung bisa melanjutkan untuk tahap berikutnya yaitu seleksi kompetensi dasar. Seperti SKD pada umumnya, yang biasa ada pada seleksi para ASN.

Akan ada tes TPA, dan lain-lain demi menguji kemampuan dasar pa

ra peserta seleksi. Kamu bisa beli buku tentang kumpulan soal-soal kompentensi dasar untuk mempersiapkan diri.

Seleksi Lanjutan

Seleksi kompentensi dasar sudah usai, ada lagi tes lanjutan. Ada beberapa kegiatan dalam tahap seleksi ini. Termasuk seleksi kesehatan untuk mengetes stamina fisik peserta. Ada lagi yang namanya tes Kasamaptaan yang biasa ada pada seleksi sekolah-sekolah kedinasan pada umumnya.

Selain itu, masih ada lagi seleksi tulis psikotes serta wawancara prikotes. Terakhir, masing-masing peserta pun harus ikut seleksi wawancara, pengamatan fisik dan ketrampilan (WPFK).

Demikian tadi rangkaian tahapan seleksi POLTEKIM DAN POLTEKIP paling lengkap. Mencatat tahapan seleksi adalah salah satu cara mempersiapkan diri. Supaya peluang lolos bisa makin tinggi.