Tahapan Seleksi STIS Ini Penting Kamu Catat

Tahapan Seleksi STIS

Ada yang sedang mencari tahu tentang tahapan seleksi STIS? STIS atau Politeknik Statistika adalah salah satu sekolah kedinasan Indonesia yang cukup populer. Untuk bisa masuk sekolah tersebut, kamu perlu melalui beberapa tahapan tes yang tersedia.Sebagai informasi saja, STIS ini adalah sekolah kedinasan yang bernaung dalam Badan Pusat Statistik. Setelah lulus, besar kemungkinan kamu bisa langsung kerja di kantor-kantor BPS di seluruh Indonesia. Sama dengan tes kedinasan lainnya, setelah melakukan pendaftaran, setiap peserta harus bisa melalui tahapan seleksi STIS yang tersedia,

Seleksi STIS ini punya sistem gugur. Artinya, begitu tidak bisa lolos di suatu tahap, langsung tidak bisa lanjut ke proses berikutnya. Rincian seleksi dan tes-tesnya bisa kamu dapatkan dari penjelasan berikut ini.

Tahap Seleksi STIS yang pertama : Tes SKD

Dalam seleksi ini, masing-masing peserta tes akan melaluinya dengan metode sistem CAT atau Computer Assisted Test. Badan Kepegawaian Negara adalah pihak yang menyeleksi tes ini. Nantinya, BKN akan berkoordinasi dengan Politeknik Stistika STIS.

Tes SKD memang familiar dengan seleksi ASN. Sebab nantinya, setelah lulus STIS ini kamu akan langsung jadi ASN. Maka, seperti tes CPNS pada umumnya, SKD ini harus peserta lalui dengan baik. Sebagai informasi saja, tes seleksi kompetensi dasar itu punya 3 bagian yaitu:

  • Tes wawancara kebangsaan (TWK) yang akan menguji kemampuan peserta dalam pelajaran PKN, sejarah, serta geografi. Sehingga, cakupan pada tes TWK ini begitu luas. Persiapan yang matang adalah kebutuhan penting bagi peserta. Dalam tes ini, kamu bisa saja menemukan soal tentang UUD, Pancasila, hingga sejarah bangsa Indonesia.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU). Soal dalam tes ini sebetulnya tidak jauh beda dengan matematika dasar. Seperti geometri, kemampuan baca pola gambar, hingga aljabar. Beberapa soal pun kadang menambahkan tentang pengetahuan bahasa Indonesia seperti antonym dan sinonim.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang berisi tentang soal-soal menyangkut norma dan moral dalam kehidupan. Biasanya, makin tinggi jawaban yang nilainya baik, poinnya pun jadi makin tinggi.

Tes Potensi Akademik

Tahapan seleksi STIS berikutnya adalah tes potensi akademik. Sistem ujian TPS ini adalah berbasis komputer. Sebagian besar soal adalah tentang pengetahuan bahasa inggris dan matematika. Beberapa ketentuannya yaitu sebagai berikut:

  • Masing-masing tes berisi sebanyak 60 soal.
  • Khusus untuk soal bahasa inggris ada waktu 60 menit untuk mengerjakan, sedangkan matematika lebih panjang yaitu 90 menit.
  • Setiap jawaban yang salah punya nilai minus.
  • Bobot nilai dari soal matematika 2 kali lebih besar dari soal bahasa Inggris.

Poin penting lainnya, adalah pernah ada pengurangan materi. TPA STIS tahun 2020 memang ada soal bahasa inggris dan matematika. Beda saat tahun 2021, ternyata hanya matematika saja. Jadi, ada baiknya kamu bersiap saja.

Tes Kesehatan Dan Kebugaran

Ini adalah tahapan seleksi STIS terakhir. Nama lain dari tes ini adalah medical check up. Banyak rangkaian tes yang perlu peserta lalui. Mulai dari tes urin, narkoba, tes darah, uji buta warna, rontgen, tes tinggi dan berat badan, hingga cek tensi. Tes ini biasanya peserta lalui di rumah sakit pilihan STIS.

Tahap ini, peserta akan membayar tagihan rumah sakit sendiri-sendiri, dan biayanya bervariasi. Pada umumnya berkisar antara 600 ribu hingga 1 juta rupiah. Satu lagi, sebelum menjalani tes biasanya peserta harus berpuasa dulu. Ada baiknya kamu pun mempersiapkan diri.

Itu dia tadi tahapan seleksi STIS paling lengkap. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi bahan referensi terbaik.